5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menjudge Orang Bangun Siang Sebagai Pemalas

5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menjudge Orang Bangun Siang Sebagai Pemalas

NgantukBanget-Sering kali kita menganggap bahwa orang yang suka bangun siang adalah orang yang pemalas. Memang sih, orang yang bangun siang itu terlihat lebih santai dan suka bermalas-malasan, sehingga mengundang persepsi yang buruk dari orang lain.

Namun, meski begitu kita tidak boleh dengan mudahnya men-judge orang yang suka bangun siang adalah orang yang pemalas. Kenapa? Yuk, simak 5 alasannya berikut ini!

1. Kebiasaan bangun tidur yang berasal dari genetik dan sangat sulit untuk diubah.

 

 


Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa orang yang suka bangun siang adalah orang yang malas bangun pagi. Tapi yang perlu kamu tau, sebenarnya ini bukan kemauan mereka, lho. Manusia memiliki jam tubuh yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sebagian besar manusia di muka bumi ini sih memiliki jam tubuh yang dikategorikan normal, yakni orang yang tidur dan bangun antara jam 11 malam hingga jam 7 pagi. Sementara itu, ada pula segelintir orang yang tubuhnya baru mulai aktif di siang hari dan sore hari. Umumnya, orang-orang seperti ini baru bisa tidur pada pagi hari, yakni dari jam 2 atau 3 pagi dan baru bisa bangun pada jam 10 atau 11 siang.

Nah, kebiasaan tersebut berasal dari genetik masing-masing orang yang tidak bisa diubah begitu saja. Jadi, jangan menganggap bahwa orang yang suka bangun siang adalah orang yang pemalas, ya!

2. Kamu tidak boleh memaksanya bangun pagi jika dia adalah orang yang termasuk evening person.

 

Ada sebuah sebutan yakni morning person atau orang-orang yang bangun dan mulai aktif dari pagi hari antara jam 5 hingga 6 pagi, dan ada pula sebutan evening person yaitu orang-orang yang bangun dan baru mulai aktif di siang hari antara jam 10 hingga 12 siang. Hal ini masih berhubungan dengan poin nomor satu, yakni setiap orang memiliki jam tubuh masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum kamu men-judge orang yang suka bangun siang adalah orang yang pemalas, lebih baik lihat dulu, apakah dia termasuk morning person atau evening person. Jika ternyata dia adalah evening person, kamu tidak boleh memaksanya untuk bangun pagi, karena evening person baru bisa tidur di pagi hari sekitar jam 2 atau jam 3. Jika kamu memaksanya untuk bangun pagi, maka dia akan mengalami gangguan kesehatan karena dia kekurangan jam istirahat.

3. Mungkin, dia adalah salah satu orang yang kreatifitasnya datang di malam hari.

 

Pernah nggak sih kamu merasa banyak ide-ide brilian yang bermunculan ketika kamu berada di tengah malam yang sunyi dan tenang? Kalau belum pernah, sesekali cobalah kamu bertahan untuk tetap terjaga di malam hari dan mencoba mencari suatu ide! Enteh itu ide untuk memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi, mencari ide untuk membuat skripsi, mencari tema untuk membuat novel, atau yang lainnya.

Pasti kamu akan merasakan perbedaan yang nyata ketika kamu mencari ide di malam hari dan di siang hari. Nah, setelah kamu tau bagaimana perbedaannya, pasti kamu akan menyadari bahwa mungkin orang yang suka bangun siang adalah orang-orang yang termasuk dalam golongan otak yang lebih aktif di malam hari.

4. Banyak orang yang buktikan mereka bisa sukses tanpa bangun pagi.

 

Ada sebuah kalimat yang berbunyi “orang sukses itu bangunnya selalu pagi hari”. Namun faktanya, nggak semua orang yang bangun pagi bisa sukses dan nggak semua orang yang bangun siang akan selalu gagal. Sudah banyak orang yang buktikan bahwa mereka bisa sukses tanpa bangun pagi. Mulai dari pengusaha, CEO, creator, hingga pemimpin dunia, banyak yang memiliki kebiasaan untuk mengawali hari di siang hari, bahkan beberapa diantaranya baru mulai aktif pada malam hari.

Oleh karena itu jangan suka beranggapan bahwa orang suka bangun siang adalah orang pemalas dan tidak akan bisa sukses. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda.

5. Kamu tidak tau apa yang dia lakukan saat kamu sedang tidur.

 

Terakhir dan yang paling penting, kamu tidak boleh men-judge orang yang suka bangun siang adalah orang yang pemalas, karena kamu tidak tahu apa yang sudah dia lakukan disaat kamu sedang tidur. Mungkin saja saat kamu sedang tidur, dia malah bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya, atau sedang menuangkan segala ide-ide cemerlangnya untuk dia jadikan sebuah karya.

Bukankah hal itu bisa membuka peluang kesuksesannya? Bakankah hal itu juga positif? Jadi, jangan mudah men-judge seseorang jika kamu tidak tahu apa-apa tentang apa yang sudah ia lakukan.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.