5 Alternatif Pengganti Santan yang Lebih Rendah Kalori

5 Alternatif Pengganti Santan yang Lebih Rendah Kalori

NgantukBanget-Sebagian besar kuliner di Asia kerap menggunakan santan sebagai campuran bumbunya. Rasanya yang gurih, creamy, dan bertekstur kental membuat hidangan jadi lebih nikmat dan nendang. Namun, karena kadar kalorinya yang cenderung tinggi, tak sedikit pula yang membatasi konsumsinya.

 

Untungnya, ada beberapa bahan makanan dengan kadar kalori lebih rendah, yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti santan. Dengan konsistensi dan tekstur yang hampir mirip, cita rasa hidanganmu pun akan tetap terasa nikmat.
Bahan apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Susu kedelai

Susu kedelai bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan santan. Bahkan, minuman dari tumbuhan ini mengandung kadar lemak yang lebih rendah.

Bila kamu menginginkan tambahan asupan protein, susu kedelai adalah pilihan yang tepat. Dalam secangkir susu kedelai, terkandung 7 gram protein. Namun, usahakan untuk selalu memilih varian susu kedelai yang tanpa pemanis agar tak merusak cita rasa dari hidangan yang akan kita buat.

2. Susu kacang mede

Susu kacang mede memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang creamy, sehingga cocok untuk dijadikan campuran saus, sup, atau smoothies.

Konsistensinya pun sangat mirip dengan santan, dengan kandungan kalori yang lebih rendah dan kaya protein. Maka itu, kamu bisa menjadikan susu kacang mede sebagai pengganti santan dengan takaran 1:1.

3. Greek yoghurt

Konsistensi greek yoghurt yang kental membuatnya cocok dijadikan sebagai pengganti santan. Bukan itu saja, olahan susu ini juga kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan seluruh tubuh.

Nah, untuk menggantikan secangkir santan, kamu cukup mencampurkan satu cangkir greek yoghurt dengan satu sendok makan air.

4. Susu oat

 

Sering mencampurkan santan ke dalam kopi atau latte, tapi takut kalorinya melonjak tinggi? Tenang, kamu bisa memakai susu oat sebagai alternatif.

Kandungan lemak pada susu oat tak sebanyak santan, namun kaya akan serat beta glucan yang bisa menciptakan foam pada kopi. Selain itu, dibandingkan dengan susu dari tumbuhan lainnya, jenis susu ini tak akan menggumpal. Dengan demikian, ia bisa dipakai untuk resep yang butuh proses memasak yang membutuhkan suhu tinggi.

5. Susu evaporasi

 

Dilansir healthline, susu evaporasi dibuat dengan cara memanaskan susu sapi, hingga kadar airnya berkurang sebesar 60 persen.

Oleh karena itu, jenis susu ini punya tekstur yang sama kentalnya dengan santan. Susu evaporasi sangat cocok untuk dicampurkan dalam sup atau hidangan creamy lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *