5 Cara Atasi Stres di Tempat Kerja

5 Cara Atasi Stres di Tempat Kerja

5 Cara Atasi Stres di Tempat Kerja – Stres dan kecemasan adalah hal normal yang dialami di tempat kerja. Namun, tingkat stres yang dialami bergantung pada beban kerja, lingkungan sekitar, dan tentu saja orang itu sendiri. Stres tak dapat dihindari, tapi bisa diatasi.

Ada 5 Cara Atasi Stres di Tempat Kerja :

1. Memulai hari dengan perencanaan

Penting untuk memiliki perencanaan di setiap awal hari. Sebelum mulai bekerja, kamu harus tahu langkah-langkah apa yang akan ditempuh. Perencanaan bukanlah solusi yang absolut. Perencanaan tetap memungkinkan adanya hal spontan yang kamu tambahkan ke rutinitas kerja. Bekerja sesuai perencanaan akan menghemat banyak waktu, dan bisa menginvestasikan untuk hal lainnya, misalnya pekerjaan dadakan.

2. Manajemen waktu

Stres adalah hasil dari pekerjaan yang menumpuk dan tertunda. Manajemen waktu adalah solusi terbaik untuk menghindarinya. Aturlah prioritasmu dan selesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktunya masing-masing.

Usahakan tidak menumpuk pekerjaan dan membawanya ke rumah, karena itu hanya akan menambah ketegangan yang mempengaruhi kesehatan mental. Kebiasaan itu pun akan mengganggu waktu bersama keluarga. Jadi, dedikasikan waktu kerjamu hanya di kantor atau tempat kerja.

3. Jaga jarak ideal dengan kolega dan atasan

Rekan kerja bisa menjadi tempat berbagi suka dan duka ketika bekerja. Baik atau buruk, kita perlu menjaga jarak yang ideal dengan mereka. Jika kamu terlalu nyaman, kamu akan merasa wajib untuk melakukan hal-hal berkaitan dengan mereka, meski sebetulnya kamu tidak suka. Kondisi ini bisa memicu stres yang lebih besar.

Namun, kamu juga tak boleh terlalu dingin dalam memperlakukan mereka, karena hanya akan membawa masalah. Kondisi tersebut bisa saja membuatmu teralienasi di tempat kerja, dan menciptakan suasana yang tidak membahagiakan.

4. Bertanya jika ragu

Jika kamu adalah karyawan baru, yakinilah bahwa bertanya ketika menghadapi keraguan adalah hal terbaik yang bisa kamu berikan pada perusahaan.

Seringkali kita malu atau ragu jika ingin menanyakan banyak pertanyaan. Keraguan tersebut pada akhirnya membuat kita tidak jadi bertanya dan menjadi “parno” memikirkan hal-hal yang akan terjadi. Jadi, alih-alih menyimpannya sendiri, lebih baik tanyakan apa yang ingin kamu perjelas, dan bebaskan dirimu dari segala keraguan.

5. Istirahat

Ketika kamu mengalami stres berlebih di tempat kerja, ada baiknya mempertimbangkan untuk istirahat sejenak, mungkin berlibur, untuk bersantai dan “mengisi ulang” dirimu. Kerja terus menerus dengan tugas dan proyek yang menumpuk bisa membuat jenuh dan tidak produktif. Istirahat sejenak bisa menyegarkan pikiran, dan akan membuat pekerjaanmu lebih efisien di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *