5 Ide Olahan Kembang Kol yang Sehat dan Praktis

5 Ide Olahan Kembang Kol yang Sehat dan Praktis

NgantukBanget-Belakangan ini, sayur mayur sehat berjuluk superfood makin banyak bermunculan. Dan salah satu sayur superfood yang kini populer adalah kembang kol

 

Sesuai julukannya, sayur bertekstur renyah ini memang kaya akan kandungan nutrisi. Dilansir data nutrisi SELF, kembang kol termasuk salah satu sayur yang rendah kalori, yakni hanya sekitar 25 kalori per mangkuknya.

Kandungan vitamin dan mineralnya juga lebih tinggi. Misalnya kandungan vitamin C kaya antioksidannya yang bisa memenuhi 77 persen kebutuhan harian. Karenanya, kembang kol pun kerap jadi pilihan untuk pengganti daging hingga alternatif sumber karbohidrat.

Di Indonesia, kembang kol kerap diolah jadi tumisan atau campuran sup hangat. Tapi bila ingin menyajikan kembang kol dengan tampilan yang lebih menggugah, ini dia ide olahan sehat dan praktis dari kembang kol

1. Nasi kembang kol

 

 

Pengganti nasi yang lebih sehat mulai bermunculan, salah satunya nasi dari kembang kol. Selain kalorinya lebih rendah, kembang kol juga tinggi serat. Menurut US Department of Agriculture (USDA), semangkuk kembang kol rata-rata mengandung 3 gram serat

Untuk membuatnya, cukup parut kembang kol lalu kukus hingga matang. Kembang kol juga bisa jadi alternatif saat ingin membuat nasi goreng tapi sedang menghindari konsumsi nasi.

2. Dipanggang untuk camilan

 

 

Tak hanya pengganti nasi, kembang kol juga bisa jadi alternatif pengganti daging yang ramah vegetarian. Sebab, tekstur kembang kol memang renyah dan tidak mudah hancur saat dimasak dalam teknik apa pun.

Tak jauh berbeda dengan proses pembuatan ayam atau daging panggang, kembang kol bisa langsung dibakar dengan arang atau microwave setelah diberi bumbu. Lalu sajikan sebagai camilan atau lauk sehari-hari.

3. Campuran nasi goreng

 

Agar lebih lezat, nasi goreng kerap dicampur cacahan daging ayam sapi. Nah, kembang kol ternyata bisa jadi pengganti daging yang tak kalah lezat dan pastinya menyehatkan.

Ditambah teksturnya yang renyah, tambahan kembang kol akan membuat nasi goreng buatanmu makin segar dan unik. Sajian nasi goreng yang lezat, segar, dan rendah kalori pun siap dihidangkan

4. Kembang kol goreng tepung

 

 

Kembang kol juga bisa diolah menjadi ‘ayam goreng tepung’ versi lebih sehat rendah kalori. Tak menggunakan bahan-bahan hewani, kembang kol goreng tepung bisa jadi sajian tepat bagi kamu yang ingin memulai gaya hidup vegetarian.

Saat digoreng, kembang kol akan menghasilkan tekstur yang renyah di luar tapi lembut di dalam. Agar lebih lezat dan semakin mirip ayam goreng tepung, sajikan kembang kol goreng dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise. Gurih!

5. Isian kebab ramah vegetarian

 

 

Kebab biasanya diisi daging ayam, sapi, atau kambing yang dipanggang. Tapi kini mulai banyak bermunculan kebab ramah vegetarian, salah satunya kebab berisi kembang kol.

Nah, kamu juga bisa membuat sendiri kebab isi kembang kol di rumah. Caranya mudah, cukup panggang kembang kol dengan bumbu favorit lalu bungkus dengan kulit tortila. Tambahkan sayur sebagai sumber vitamin dan saus untuk rasa yang lebih gurih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *