5 Makanan Pembangkit Energi di Pagi Hari

5 Makanan Pembangkit Energi di Pagi Hari

5 Makanan Pembangkit Energi di Pagi Hari – Tubuh sering kali masih terasa lelah dan ngantuk meski sudah cukup tidur sekitar 8 jam pada malam hari. Dalam kondisi ini, kopi dan segala jenis asupan dengan gula, garam, dan lemak tinggi menjadi solusi.

Sesekali mengkonsumsi asupan tersebut memang tidak berdampak buruk pada kesehatan. Namun jika terjadi tiap hari, mungkin ada baiknya mulai mengevaluasi asupan tiap hari.

Asupan serba instan yang minim nutrisi sebaiknya segera disingkirkan dari daftar konsumsi tiap hari. Selain itu, 5 makanan ini bisa dikonsumsi untuk membantu kamu terus berenergi tiap hari dikutip dari healthline.

5 Makanan Pembangkit Energi di Pagi Hari

1. Alpukat

Buah alpukat kaya vitamin, mineral, dan lemak sehat yang memberi kecukupan energi pada tubuh setiap hari. Alpukat juga mengandung serat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, yang mencegah tubuh terkena diabetes. Alpukat bisa diolah menjadi berbagai hidangan tanpa banyak gula, garam, dan lemak.

2. Semangka

Semangka menjadi pilihan tepat bagi yang dehidrasi saat bangun tidur. Dengan 90 persen kandungannya adalah air, semangka membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Semangka juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino L-citruline yang membantu meredakan rasa sakit pada otot.

3. Bayam

Bayam adalah salah satu sumber vitamin C, asam folat, dan zat besi yang paling baik. Kurang zat besi telah diketahi menjadi penyebab munculnya mudah lelah yang paling umum. Bayam juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk produksi energi tiap hari.

4. Kurma

Selain memiliki rasa manis yang menyenangkan, kurma mudah dicerna tubuh dan menyediakan kecukupan energi dalam waktu singkat. Kurma menjadi sumber kalsium, fosfor, potasium, magnesium, seng, dan besi tiap hari. Kurma bisa langsung dikonsumsi atau dicampur dengan sayur dan buah lain dalam smoothie.

5. Telur

Satu butir telur mengandung banyak protein dan lemak sehat yang mencukupi kebutuhan energi tiap hari. Telur juga mengandung vitamin dan mineral misal zat besi, kolin, vitamin D, dan vitamin B 12. Saat makan telur pastikan konsumsi bagian putih dan kuningnya dengan gula, garam, dan lemak secukupnya.

Sumber : https://health.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *