5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Ngantukbanget.com-5 Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur-Siapa di antara kamu yang tak mau panjang umur? Meski kita tidak bisa hidup selamanya, namun ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar bisa panjang umur.

 

 

Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah pola makan. Menurut beberapa studi, pola makan sehat berkontribusi dalam menentukan seberapa lama kamu hidup di dunia. Ini tentunya harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat pula.

 

 

Salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah pola makan. Menurut beberapa studi, pola makan sehat berkontribusi dalam menentukan seberapa lama kamu hidup di dunia. Ini tentunya harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat pula.

Lalu, makanan apa saja yang dipercaya bisa bikin panjang umur? Berikut kami rangkum untuk kamu.

1. Ikan

 

Pertama adalah ikan. Menurut sebuah studi, ikan mengandung senyawa karotenoid yang bisa melindungi dari sejumlah penyakit saraf. Masih dalam studi yang sama, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi ikan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Tak hanya itu, usahakan untuk menyelingi dengan ikan berlemak; seperti salmon, tuna, sarden, hingga makarel) untuk memperoleh asupan asam lemak omega-3. Menurut studi yang dilakukan Ohio State University, omega-3 dalam ikan bisa menjaga kamu tetap awet muda.

2. Sayuran hijau

 

Kita semua tahu kalau sayuran hijau merupakan bahan pangan alami yang dikemas dengan segudang mineral dan vitamin. Kelompok sayuran ini juga padat gizi, dan penuh serat yang bisa menunjang hidup lebih lama.

Sebuah studi yang dilakukan Vanderbilt University, menemukan fakta bahwa penderita kanker payudara di Shanghai yang mengonsumsi banyak sayuran hijau (seperti lobak, kubis, brokoli, hingga bok choy) mengalami penurunan risiko yang cukup besar dari penyakit mematikan tersebut.

3.Beri

 

Selain sayuran, beri juga dipercaya bisa membuat panjang umur. Ini karena beri diperkaya dengan antioksidan tinggi, yang dikenal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari penyakit kronis.

Selain itu, beri juga mengandung lycopene atau nutrisi penting yang bisa melawan kanker. Adapun buah-buahan yang masuk ke dalam kelompok ini; seperti stroberi, blueberry, raspberry, goji berry, bilberry, hingga acai berry.

4. Gandum utuh

 

Banyak studi mengaitkan produk gandum utuh (seperti pada pasta, roti, oatmeal, dan kue) dengan peluang umur panjang. Bahkan, menurut studi dari National Cancer Institute, diet tinggi serat bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit apapun.

Sedangkan menurut studi yang dilakukan JAMA Internal Medicine, tambahan 1 ons porsi biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko kematian 5-9 persen akibat penyakit jantung

5. Minyak zaitun

 

Minyak zaitun merupakan ekstrak lemak baik tak jenuh tunggal dari buah zaitun. Tidak seperti jenis minyak lain, minyak zaitun tidak berkerak di dinding pembuluh darah –salah satu cikal bakal penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol atau antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker; seperti kanker usus, dan kanker payudara.

Sebuah penelitian di Yunani bahkan berhasil menunjukkan, 12 persen orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun mengalami penurunan risiko kanker payudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *