5 Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan

5 Manfaat Kesehatan Okra, Sayuran Berlendir Kaya Nutrisi

5 Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan – Gaya hidup sehat yang makin digandrungi, bikin popularitas aneka makanan bernutrisi pun meningkat. Bahkan ada beberapa yang sebelumnya kurang familiar, kini banyak dijumpai di pasar swalayan maupun tradisional.

Salah satunya okra, yang kini jadi salah satu primadona penyuka makanan sehat. Bukan tanpa alasan, yang juga dikenal dengan nama lady’s finger ini memang punya segudang manfaat.

Misalnya kandungan polyphenol bersifat antioksidan yang dipercaya ampun meningkatkan kesehatan jantung. Menurut jurnal Free Radicals, Antioxidants and Functional Foods: Impact on Human Health yang diterbitkan tahun 2010, antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, ini dia lima manfaat okra yang baik untuk tubuhmu :

 

1. Menyehatkan kandungan

Memperbanyak konsumsi okra sangat dianjurkan untuk perempuan yang tengah hamil. Dari data United States Department of Agriculture (USDA), setiap 100 gram okra bisa memenuhi kebutuhan folat hingga 15 persen.

Berdasarkan jurnal dari Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, perempuan hamil yang mendapatkan asupan folat hingga 400 microgram setiap harinya dapat menurunkan risiko bayi terlahir cacat. Folat juga berfungsi memaksimalkan perkembangan otak dan tulang janin di dalam kandungan.

2. Memperkuat tulang

Dari data USDA, okra termasuk salah satu yang tinggi vitamin K. Setiap 100 gram okra bisa memenuhi kebutuhan vitamin K harian sebanyak 26 persen.

Vitamin K berfungsi memaksimalkan penyerapan kalsium yang masuk ke tubuh. Asupan vitamin K yang tercukupi juga dapat mempercepat penyembuhan saat terkena patah tulang atau cedera lainnya.

3. Menu diet sehat

Okra bisa kamu manfaatkan sebagai menu diet sehat yang kaya serat namun rendah kalori. Satu mangkuk mengandung sekitar 3 gram serat, 33 kalori, dan hampir bebas kandungan lemak.

Serat berfungsi melancarkan penyerapan vitamin serta menurunkan keinginan untuk makan berlebih. Jadi cocok untuk kamu yang mudah lapar tapi tak ingin berat badan naik dengan cepat

4. Melancarkan pencernaan

Serat pada okra juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat cukup berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik di saluran pencernaan

Berdasarkan penelitian dari American Cancer Society, menyantap okra juga dapat memperlambat penyebaran sel-sel kanker, terutama pada usus dan saluran cerna

5. Mencegah pikun

Setiap 100 gram okra bisa memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 26 persen setiap harinya. Nah, vitamin C bersifat antioksidan ini bisa membantu mencegah pikun pada usia lanjut.

Salah satu antioksidan di dalam okra, polyphenol juga berfungsi melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Bila disantap secara teratur, okra juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan mempertajam ingatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *