5 Sarapan Terbaik untuk Mencegah Risiko Kanker

5 Sarapan Terbaik untuk Mencegah Risiko Kanker

5 Sarapan Terbaik untuk Mencegah Risiko Kanker – Sarapan menjadi salah satu waktu makan yang juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa makanan yang bisa bermanfaat dan diklaim dapat cegah kanker.

Namun bukan berarti makanan ini memang bisa melawan kanker secara keseluruhan, tapi senyawa yang terkandung di dalamnya bisa menurunkan risiko terkena kanker tertentu apabila sering dikonsumsi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 Sarapan Terbaik untuk Mencegah Risiko Kanker :

1. Apel

Apel mengandung senyawa antikanker yang juga bisa membantu mencegah inflamasi, penyakit kardiovaskular, dan infeksi. Buah apel juga mengandung polifenol yang dipercayai menjadi senyawa antikanker. Dalam beberapa penelitian, disebutkan polifenol bisa melawan tumor kanker. Misalnya polifenol phloretin berada pada protein yang disebut glucose transporter 2 (GLUT2) berperan dalam perkembangan stadium lanjut dalam beberapa jenis kanker.

2. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, blackberry kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Para ahli telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam buah beri memiliki manfaat kesehatan potensial, salah satunya adalah antosianin yang bisa menurunkan biomarker atau penanda dari kanker usus besar. Studi lainnya menunjukkan adanya efek antiinflamasi dari bluberi yang dapat mencegah pertumbuhan tumor kanker payudara pada tikus percobaan.

3. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kale mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk vittamin C, vitamin K dan mangan. Selain itu, kelompok sayuran ini juga mengandung sulforaphane, senyawa tumbuhan yang mengandung antikanker. Sebuah studi menyebutkan bahwa sulforaphane dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker dan menstimulasi mematikan sel kanker usus besar.

4. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten yang cukup tinggi yang bisa mencegah beberapa jenis kanker, selain itu juga vitamin K, vitamin A dan antioksidan. Studi terbaru menyebutkan bahwa beta karoten berperan mendukung sistem imun dan bisa mencegah jenis kanker tertentu. Yakni dalam delapan studi yang menyimpulkan senyawa tersebut memiliki kaitan untuk mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan ikan teri kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B, potasium dan asam lemak omega 3. Satu studi menyebut bahwa orang yang sering makan ikan air tawar memiliki risiko kanker usus besar 53 persen lebih rendah. Dan kemudian, sebuah studi pada 68.109 orang ditemukan yang mengonsumsi suplemen minyak ikan setidaknya empat kali seminggu 63 persen lebih rendah berisiko terkena kanker usus besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *