5 Tanaman Hias yang Bisa Bantu Mengurangi Tingkat Stres

5 Tanaman Hias yang Bisa Bantu Mengurangi Tingkat Stres

NgantukBanget-Belakangan ini, tanaman tengah menjadi tren dalam urusan dekorasi rumah. Tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan, ternyata penambahan tanaman di dalam rumah juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.

 

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan University of Melbourne dan RMIT University. Di mana hasilnya membuktikan bahwa, meletakkan satu tanaman di sebuah ruangan kecil bisa meningkatkan kualitas udara sebanyak 25 persen.

Sedangkan meletakkan dua tanaman dalam satu ruangan bisa memperbaiki kualitas udara hingga 75 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 45 persen.

Dari penelitian tersebut bisa dikatakan bahwa, tak hanya bisa mempercantik sudut ruangan saja, penambahan tanaman di dalam rumah juga bisa meningkatkan kesejahteraan mental (baik itu bantu mengurangi tingkat stres dan cemas).

Lalu, tanaman apa saja yang bisa bantu mengurangi rasa stres dan cemas? Melansir The Odyssey, berikut kami rangkum untuk Anda.

1. Lavender

 

 

Tanaman yang masuk dalam genus Lavandula ini memang terkenal dengan aromanya yang wangi. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kagoshima, Jepang, aroma lavender terbukti berkhasiat meredakan stres

Bahkan, menurut seorang penulis studi, Hideki Kashiwadani, aroma lavender sendiri di dalam dunia medis telah lama dipercaya mampu mengobati kecemasan. “Dalam studi, kami menemukan bahwa linalool (senyawa yang ditemukan di dalam lavender) memiliki efek anxiolytic (anti cemas) pada tikus normal,” kata Kashiawadani saat diwawancarai The Independent.

 

2. Melati

 

 

Sama seperti lavender, melati juga menjadi tanaman yang memiliki aroma wangi yang khas. Kabarnya, semerbak wangi bunga melati tersebut bisa meredakan ketegangan dan ampuh dalam memberikan ketenangan (seperti obat penenang valium).

Efek dari aroma bunga melati ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Ruhr University. Di mana hasil penelitian itu menyebut, efek GABA (salah satu jenis zat kimia di dalam otak yang berfungsi melancarkan proses komunikasi setiap sel otak) akan meningkat ketika menghirup wewangian. Namun, dari ratusan jenis wewangian yang telah dicoba, wangi melati lah yang paling efektif karena bisa meredakan kegelisahan hingga 5 kali lipat (setara dengan obat penenang)

 

3. Lidah buaya

 

 

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini memang cukup familier di kalangan masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit dan juga rambut

Di samping khasiatnya yang baik untuk kecantikan dan kesehatan, ternyata lidah buaya juga bisa membantu mengurangi stres. Disebut demikian, karena lidah buaya sendiri bisa membersihkan udara serta menghilangkan senyawa kimia formaldehyde dan benzene di udara. Dengan demikian, kualitas udara jadi lebih sehat dan stres pun berkurang.

 

4. Rosemary

 

 

Tanaman yang sering dijadikan rempah atau bumbu masak ini juga bisa membantu mengurangi rasa stres dan cemas. Menurut Ahli Tanaman dan Bunga, Donna Letier saat diwawancarai Pop Sugar, rosemary sangat disarankan untuk disimpan di dalam kamar mandi karena bisa membuat tubuh menjadi rileks. Tak hanya bisa mengurangi stres, rosemary juga terbukti bisa meningkatkan fungsi memori.

 

5. Geranium

 

 

Selain tampilannya yang cantik, tanaman yang masuk dalam ordo Geraniales ini juga memiliki beberapa efek positif pada tumbuh. Kabarnya, aromatik dan minyak esensial yang dihasilkan oleh dedaunan dalam bunga geranium bisa mendorong tubuh untuk menghasilkan serotonin (zat kimia yang bisa mengendalikan emosi dan suasana hati). Selain bisa mengangkat suasana hati, tanaman ini juga bisa digunakan di kamar mandi sebagai detoksifikasi yang sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *