5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

NgantukBanget-Ketegasan terhadap diri sendiri adalah sebuah sikap pribadi yang dapat menempatkan diri dalam posisi seimbang, kapan harus pasif dan kapan harus agresif. Sikap ini penting untuk dimiliki karena akan membentuk karakter dasarmu menjadi lebih kuat.

 

Jika kamu terlalu pasif, maka kamu akan menjadi orang yang terlalu penurut. Bukannya gak baik sih, namun jika sifat pasifmu terlalu mendominasi, maka kamu gak akan berkembang menjadi pribadi yang kuat dan gak bisa memimpin dirimu sendiri.

Begitu juga kalau kamu terlalu agresif, maka kamu akan menjadi individu yang pastinya gak disenangi oleh banyak orang. Agresif berlebihan akan membuatmu jatuh dalam kesombongan dan egoisme sehingga kamu sulit untuk peka dengan perasaan orang lain.

Nah, bagaimana menyeimbangkan keduanya tadi? Caranya adalah kamu harus bisa tegas dengan dirimu sendiri, dan lima cara di bawah ini bisa membantumu dalam bersikap tegas terhadap diri sendiri. Apa saja ya?

 

1. Sering-seringlah belajar membaca situasi

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

 

Kalau kamu sudah cukup dewasa untuk menentukan sikap, maka kamu harus bisa membaca situasi atau kondisi yang ada di sekitar kamu. Kecerdasan kamu dalam membaca situasi akan menentukan langkah-langkah apa yang harus kamu ambil secara bijak.

Ada kalanya dalam sebuah situasi, kamu menjadi orang yang pasif dan diam. Namun ada kalanya juga dalam sebuah situasi, kamu harus bersikap agresif. Inilah pentingnya bagi kamu untuk belajar membaca situasi.

 

 

2. Berani memutuskan sesuatu yang penting dalam hidupmu

 

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

Tegas dalam diri berarti juga kamu seharusnya dapat membuat keputusan penting dalam hidupmu. Jangan biarkan hidupmu disetir oleh pihak lain, dan jangan biarkan pula dirimu iri dengan keberhasilan pihak lain.

Belajar sedini mungkin untuk membuat keputusan secara mandiri, secara tidak langsung dapat membantumu bersikap dewasa. Dan tentu akan memudahkan dirimu untuk melangkah jika masuk pada usia-usia yang matang

 

3.Jangan egois

 

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

Kamu harus tahu, bahwa tegas terhadap diri sendiri dengan egois itu sangat berbeda. Egois adalah sifat yang tidak dewasa dan maunya menang sendiri. Dalam hal ini, kamu bisa kok menjadi pribadi yang tegas tanpa melukai perasaan orang-orang di sekitarmu.

Meskipun kamu berpendirian kuat, kamu masih bisa menunjukkan bahwa kamu peduli dengan orang lain. Kamu juga masih bisa menunjukkan bahwa kamu masih bisa mengalah untuk sesuatu yang lebih penting untuk kepentingan bersama.

 

4. Ingat, kamu juga butuh pertolongan orang lain

 

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

 

Ingat ya, kamu juga harus bisa berada dalam posisi seimbang. Kamu harus tahu bahwa kamu pasti membutuhkan pertolongan orangtua, saudara, sahabat, bahkan orang lain yang tidak kamu kenal.

Jangan memaksakan diri terlalu agresif, karena jika kamu seperti ini, maka kamu akan dinilai sebagai pribadi yang kaku dan tidak menyenangkan. Ketegasan terhadap diri sendiri bisa kamu jalani dengan santai kok, tanpa memaksakan diri secara berlebihan

 

5. Berani mengatakan “tidak” terhadap segala sesuatu yang bertentangan dengan prinsip kamu

 

5 Trik Latihan Agar Kamu Bisa Lebih Tegas Terhadap Diri Sendiri

 

Tanpa mengurangi rasa hormatmu terhadap orang lain, kamu harus mengatakan “tidak” terhadap hal-hal yang mungkin saja kamu anggap bertentangan dengan prinsipmu. Misalnya dalam contoh sederhana, kamu berprinsip untuk tidak merokok. Nah, pada saat kamu ditawari rokok oleh temanmu, cobalah tolak dengan cara yang tak menyinggung perasaan.

Berani mengatakan “tidak” juga akan membuatmu menjadi pribadi alpha (pemimpin) untuk dirimu sendiri. Jika memang prinsip-prinsip yang kamu pegang itu dirasa benar, maka jalanilah itu dengan tegas tanpa memaksakan kehendak kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *