Atasi Sampah Plastik di Masa Depan, Begini Caranya!

Atasi Sampah Plastik di Masa Depan, Begini Caranya!

NGANTUKBANGET.COM – Plastik memang salah satu hal yang penting bagi umat manusia saat ini. Hampir setiap hal dalam hidup kita, pasti menggunakan elemen plastik di dalamnya. Namun, nggak bisa dipungkiri, dengan proses penguraian yang membutuhkan waktu ratusan tahun, plastik memiliki permasalahan bagi kita. Atasi Sampah Plastik di Masa Depan, Begini Caranya!

Tapi, jangan pesimis dulu guys, karena masih banyak banget orang baik di dunia yang memikirkan inovasi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik di dunia. Lihat saja 5 inovasi baru yang berhasil ditemukan orang-orang hebat ini, apa saja ya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Jalanan juga bisa terbuat dari plastik lho

 

Salah satu komponen penting dalam pembuatan jalan raya adalah aspal. Tapi untuk meminimalisir penggunaan sumber daya tak terbarukan sekaligus untuk menangani permasalahan sampah, baru-baru ini ada inovasi terbaru nih untuk mengurangi polusi plastik, yaitu dengan mengubah sampah plastik menjadi jalan.

Inovasi ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Rajagopalan Vasudevan dari Thiagarajar College, India. Inovasinya ini bisa membuat jalan menjadi lebih baik, lebih tahan lama, sangat hemat biaya, dan tentu saja ramah lingkungan. Sejauh ini sudah ada dua negara yang menggunakan teknologi ini yaitu Inggris, Kanada, Australia and Selandia Baru, dan India. Kita doakan semoga setelah ini Indonesia jadi negara yang selanjutnya ya, guys!

Membuat pengganti batu bata dari plastik bekas

 

Pasti sudah familiar dengan batu bata yang terbuat dari tanah liat, ‘kan? Kali ini ada yang berbeda nih, terbayang nggak gimana jadinya kalau batu bata dibuat dari sampah plastik yang di-recycle sedemikian rupa sehingga mampu dijadikan bahan konstruksi bangunan? “Memangnya kuat?” Eits, jangan salah, batu berbahan dasar sampah plastik ini sudah digunakan di Bogota, Colombia lho. Wah, kira-kira bisa diaplikasikan di Indonesia nggak ya?

Modifikasi sampah plastik menjadi fashion yang ikonik

 

Kalau sampah plastik didaur ulang menjadi kerajinan tangan mungkin sudah biasa, tapi pernah lihat nggak sampah plastik yang didaur ulang menjadi pakaianmu? Nggak usah jauh-jauh sampai keluar negeri, hasil kreativitas ini bahkan sudah dipresentasikan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 kemarin lho.

Untuk menghasilkan fashion masa depan ini, Danone-AQUA berkolaborasi dengan desainer ternama seperti fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama “It’s in Your Hand Collective”, untuk memperlihatkan produk fashion berkelanjutan yang pastinya ramah lingkungan. Nggak hanya mempresentasikan pakaian aja, di sini Danone-AQUA juga sekaligus menyebarkan semangat #BijakBerplastik, sebuah gerakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu sampah plastik dan mengajak publik untuk menjadi bagian dari solusi. Wah, semangat ya!

Sekarang ‘tempat sampah’ yang mendatangi kamu

 

Buang sampah pada tempatnya mungkin bukan hal yang sulit buat dilakukan, tapi bagaimana dengan membiasakan memilah sebelum membuangnya? Nah, inovasi yang satu ini akan memudahkan kamu untuk membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya nih. Di tahun 2018 ini, Danone-AQUA memperkenalkan truk #BijakBerplastik yang tujuannya untuk menyebarkan pemahaman mengenai pengelolaan sampah yang baik melalui pengumpulan sampah, edukasi 3R (reduce, reuse, recycle), dan inovasi kemasan produk.

Memproduksi secara masif botol minum yang terbuat dari 100% plastik daur ulang

 

Kita memang harus menjaga asupan air ke dalam tubuh kita agar tubuh bisa tetap terhidrasi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kadar air dalam tubuh tentu dengan membeli air minum dalam kemasan (AMDK). 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.