Destinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan

Destinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan

NgantukBangetDestinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan Tidore merupakan salah satu kota kepulauan di Maluku Utara. Pulau yang berseberangan dengan Ternate ini punya potensi wisata alam yang menakjubkan, terutama kehidupan bawah lautnya. Kalau kamu bermimpi ingin liburan ke Tidore tempat wisata berikut ini harus masuk dalam list tujuanmu.

Destinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan

Destinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan
Destinasi Wajib Di Tidore Buat Liburanmu Berkesan

Pulau Filonga

Pulau Filonga ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang masuk dalam wilayah Tidore. Untuk menuju ke sini, kamu bisa berangkat ke Pelabuhan Goto, lalu menyewa long boat seharga Rp250 ribu.

Setelah menempuh perjalanan laut selama 30-45 menit, kamu bakal disuguhi beningnya air laut berwarna tosca di sekitar Pulau Filonga dengan pasir putih dan bebatuan cadas. Serasa punya pulau pribadi!

Pantai Tugulufa

Kawasan Tugulufa memang dikembangkan sebagai ikon Kota Tidore Kepulauan, termasuk pantainya. Gak heran kalau fasilitasnya sudah jauh lebih lengkap dibanding pantai-pantai sebelumnya.

Bahkan setiap Minggu pagi, jalanan di sekitar Pantai Tugulufa dimanfaatkan sebagai lokasi Car Free Day. Kamu bisa kulineran di sini setelah puas bermain air.

Sarana untuk kegiatan seperti snorkeling dan diving cukup terjamin. Gak perlu naik kapal, karena ada dermaga kayu yang menjorok langsung ke tengah laut yang bisa dimanfaatkan untuk spot snorkeling.

Pulau Dodola

Pulau Dodola menjadi satu kawasan Pulau Morotai, di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Saat air sedang surut, kamu bisa melihat pulau pasir yang seolah-olah membelah lautan, sekaligus menghubungkan Pulau Dodola besar dan Pulau Dodola kecil. Pantai ini dikelilingi pasir putih dan air berwarna tosca sejernih kristal yang sangat indah.

Pulau Mare

Perairan di sekitar Pulau Mare merupakan rumah bagi kelompok lumba-lumba. Kamu bisa menyaksikan kawanan mamalia laut ini dengan menggunakan perahu seharga Rp400 ribu per orang.

Waktu terbaik menyaksikan lumba-lumba adalah pukul 06.00 WIT. Sebab, mereka baru bangun dan aktif berenang pada jam-jam tersebut.

Setelah itu, bisa sekaligus melakukan diving untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Mere. Tidak disarankan snorkeling karena air laut sering pasang dan cukup dalam, sehingga terumbu karang malah tidak terlihat jelas.

Benteng Tore dan Tahula

Benteng Tore dan Tahula masih berada dalam satu kompleks yang berdekatan. Benteng yang masih kokoh tersebut dibangun oleh bangsa Spanyol pada 1610 dan menjadi properti pertahanan hingga 1662 sebelum Belanda menyerang.

Dari atas benteng ini, kamu akan disuguhkan pemandangan laut pemisah antara Pulau Tidore, Pulau Halmahera, dan Kota Soasio.

Kedaton Sultan Tidore

Gak cuma wisata pantai dan lautnya, wisata sejarah juga jadi alternatif kegiatan yang seru. Salah satunya dengan mengunjungi Museum Kesultanan Tidore. Tempat yang dikenal dengan nama Sonyine Malige ini berisi berbagai benda bersejarah peninggalan Kesultanan Tidore.

Salah satu koleksi yang paling terkenal adalah Mahkota Berambut. Konon, rambut yang menempel di bagian atas mahkota tersebut bisa tumbuh setiap tahunnya. Sehingga, tiap tahun diadakan pemotongan dengan upacara adat pada setiap malam Iduladha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *