Destinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota

Destinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota

NgantukBangetDestinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota Akhir-akhir ini, kondisi udara di perkotaan sedang tidak sehat. Polusi udara kian meningkat, sehingga warga kota disarankan untuk pakai masker ketika bepergian. Oleh karenanya, kami akan memberikan rekomendasi daerah yang bisa digunakan untuk detox dari polusi kota.

Destinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota

Destinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota
Destinasi Wisata Untuk Detox Dari Polusi Kota

Gili Iyang, Madura

Daerah pertama yang paling bisa disinggahi adalah Gili Iyang di Sumenep, Madura. Pulau satu ini menjadi rekomendasi lantaran disebut-sebut sebagai destinasi dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia. Destinasi berjuluk Pulau Oksigen ini tercatat memiliki kandungan oksigen cukup tinggi yakni 21,5 persen, membuntuti Jordan yang berada di urutan teratas daerah dengan kandungan oksigen terbaik di muka bumi.

Tingginya kandungan oksigen di wisata Madura ini disebabkan kondisi alamnya yang masih perawan, berselimutkan aneka pohon subur nan rindang. Kemudian minimnya jumlah kendaraan juga menjadikan destinasi cantik ini jauh dari polusi nan mencekik.

Bogor, Jawa Barat

Siapa sangka, Bogor ternyata juga memiliki udara sangat bersih dibandingkan kota lainnya. Ini dibuktikan dengan kualitas udara di Bogor menunjukan angka 85,3 ketika diukur menggunakan Air Quality Index (AQI). Hal ini menjadikan Bogor berada di peringkat 6 sebagai kota dengan udara bersih di dunia.

Meski kondisi udara Kota Bogor saat ini masih bersih, upaya untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kualitas udara bersih Kota Bogor di masa depan masih harus dilakukan. Mengingat, Kota Bogor merupakan kota penyangga ibukota yang jumlah pendatang atau wisatawan cukup banyak.

Banyuwangi, Jawa Timur

Daerah di Jawa Timur yang bisa dijadikan pelarian adalah Banyuwangi. Ya, kawasan satu ini memiliki kualitas udara yang baik yaitu 46 menurut Air Quality Index. Ini dikarenakan Banyuwangi memiliki beberapa wisata alam yang dapat memberikan udara dengan kualitas baik kepada penghuninya. Contohnya Taman Nasional Baluran, Gunung Ijen dan juga Pantai Green Bay. Karenanya, kini Banyuwangi resmi menjadi kawasan geopark nasional.

Malang, Jawa Timur

Terakhir, Malang juga bisa menjadi tujuan untuk bepergian sementara dari Jakarta. Ini dibuktikan dengan Malang yang telah menyabet penghargaan udara bersih (clear air Asia) tingkat Asia dari lembaga luar negeri bernama i Clear Air Asia di Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Ketika pihak lembaga disinggung bagaimana tingkat polusi di Malang, ternyata masih di ambang aman dan tidak membahayakan. Nah, dari situ juga Kota Malang ditunjuk menjadi area pilot (the pilot areas) sekaligus mendapatkan sertifikasi udara bersih. Bisa ngadem sambil keliling wisata Malang, nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *