Fungsi Vitamin A dan Dosis yang Dianjurkan untuk Tubuh

Fungsi Vitamin A dan Dosis yang Dianjurkan untuk Tubuh

Fungsi Vitamin A dan Dosis yang Dianjurkan untuk Tubuh – Jika kalian beranggapan bahwa vitamin A hanya bisa berguna untuk penglihatan mata, ternyata kurang tepat. Sebab, vitamin A selain berfungsi untuk proses penglihatan mata dan menjaga kesehatan mata, tetapi juga dapat melindungi tubuh kalian dari berbagai serangan penyakit. Hal ini karena vitamin A juga mengandung banyak antioksidan, yaitu betakaroten yang berguna untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam proses pembentukan sistem penglihatan yang baik dan sangat membantu menunjang kesehatan tubuh.

Fungsi Vitamin A dan Dosis yang Dianjurkan untuk Tubuh

Berikut manfaat yang akan didapat oleh tubuh setelah mengkonsumsi vitamin A yang telah dirangkum :

Fungsi Vitamin A

Selain untuk kesehatan, vitamin A juga memiliki banyak fungsi bagi tubuh untuk menghindarkan dari segala penyakit, antara lain:

· Membantu untuk menjaga kulit dan selaput lender yang melapisi hidung, sinus, dan mulut.

· Dapat menyembuhkan luka

· Mencegah timbulnya jerawat pada wajah

· Mencegah dan mengobati campak

· Menjaga kesehatan kulit

· Mengurangi resiko rabun senja

· Mengobati lesi prakanker pada mulut

· Menjaga kekebalan tubuh

· Mencegah kanker payudara

· Mencegah kanker kerongkongan

· Mencegah kanker serviks

· Mencegah kanker usus besar

Makanan Sumber Vitamin A

Vitamin A bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu sumber yang berasal dari hewan dan juga berasal dari tanaman. Nah, apa saja makanan yang dapat Anda konsumsi agar mendapatkan vitamin A secara maksimal setiap hari, berikut makanan yang bisa Anda konsumsi, antara lain:

· Wortel.

· Hati dan daging sapi.

· Kacang merah.

· Telur ayam.

· Sayur-sayuran hijau, seperti bayam, kacang panjang, rumput laut, terong, semangka dan lain-lain.

· Buah-buahan yang berwarna kuning, seperti mangga, pepaya, pisang.

Kebutuhan Vitamin A Bagi Tubuh

Pemerintah melakukan program pemberian kapsul vitamin A untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A bagi tubuh secara nasional setiap tahun bagi anak berusia 6 hingga 59 bulan yang diberikan secara gratis.

Pemberian kapsul vitamin A diberikan setiap bulan Februari dan Agustus di setiap Puskesmas dan Posyandu. Obat kapsul vitamin A memiliki dua jenis, yaitu kapsul biru (dosis vitamin A 100.000 IU) kapsul ini diperuntukkan untuk bayi berusia 6 hingga 11 bulan dan ada juga kapsul merah (dosis vitamin A 200.000 IU) kapsul ini diperuntukkan untuk anak berusia 12 hingga 59 bulan serta ibu dalam masa nifas.

Hindari mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Jika melebihi batas yang ditentukan oleh dokter maka akan mengakibatkan racun vitamin yang dikonsumsi. Sebaiknya kamu mendapatkan vitamin A secara alami dengan mengonsumsi beberapa makanan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Efek Kelebihan Vitamin A

Berikut adalah efek yang akan timbul apabila mengonsumsi vitamin A berlebihan tanpa anjuran dokter.

· Sakit kepala

· Nyeri otot

· Kelelahan

· Kulit kering

· Bibir pecah-pecah

· Mual atau diare

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat vitamin A bagi tubuh yang harus kamu ketahui. Vitamin A memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, alangkah lebih baik jika kamu memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari dengan sumber alami dari pola makan sehari-hari.

Jika kamu ingin mengonsumsi vitamin A dengan cara meminum suplemen, diharapkan agar sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter ya.

Sumber : https://health.detik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *