Ingin Konsentrasi Anda Meningkat,Coba 5 Hal Berikut

Ingin Konsentrasi Anda Meningkat? Coba 5 Hal Berikut

Ingin Konsentrasi Anda Meningkat,Coba 5 Hal Berikut- Mempertahankan konsentrasi memungkinkan Anda untuk bekerja dengan baik, yang berdampak pada produktivitas yang baik pula.

Karena itu, diperlukan kemampuan yang baik untuk mempertahankan konsentrasi.

Ingin Konsentrasi Anda Meningkat,Coba 5 Hal Berikut :

1. Green time

Penelitian menunjukkan bahwa paparan lingkungan yang hijau, termasuk ruangan yang hijau, bermanfaat bagi perkembangan otak anak-anak. Dalam penelitian yang dilakukan, anak-anak berusia 4-5 tahun dengan lebih banyak ruang hijau di sekitar mereka mendapat nilai lebih baik dalam tes perhatian.

Selain itu, melirik tanaman hijau serta memperkaya kantor dengan tumbuhan juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di perguruan tinggi dan tempat kerja sebesar 15 persen.

2. Beristirahat

Istirahat dari gangguan berikut ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi Anda.

Email

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang membaca email sepanjang hari berganti layar dua kali lebih sering dengan detak jantung yang konstan. Dan ketika email dihapus selama 5 hari, detak mereka kembali normal.

Gadget

Notifikasi yang muncul di gadget Anda dapat cukup menganggu konsentrasi Anda dalam pekerjaan. Bahkan, menurut penelitian, gangguan yang disebabkan oleh notifikasi tersebut sama tidak menyenangkannya dengan menggunakan gadget Anda untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan.

Sosial Media

Sekitar 2,8 miliar orang di seluruh dunia menggunakan media sosial dan banyak dari mereka menggunakannya untuk tujuan pribadi saat bekerja.

Hal inilah yang dapat menyebabkan konsekuensi negatif kepada kinerja dan konsentrasi Anda. Karena itu diperlukan perlawanan untuk keinginan membuka media sosial karena berkonsentrasi membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Istirahat kerja

Untuk mendapat istirahat yang baik untuk meningkatkan energi, motivasi dan konsentrasi, Anda dapat mencoba hal-hal berikut: Istirahat di pertengahan jam kerja awal untuk mengisi kembali konsentrasi.

3. Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan sekitar Anda memegang peran penting untuk konsentrasi Anda.

Mengatur ulang ruang kerja

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang berada di ruangan kerja dengan tanaman dan gambar 17 persen lebih produktif daripada mereka yang memiliki ruangan kerja polos.

Mendengarkan musik klasik

Mendegarkan musik klasik zaman Barok – seperti Bach dan Vivaldi dapat meningkatkan suasana hati dan kepuasan kerja Anda serta meningkatkan efisiensi, akurasi dan produktivitas.

4. Latihan otak

Anda dapat mencoba latihan pemecahan masalah, metode pelatihan otak bahkan video game untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa peserta yang berlatih dual n-back menunjukkan peningkatan 30 persen dalam memori kerja mereka. Dual n-back sendiri adalah tes urutan memori dimana individu harus mengingat urutan rangsangan pendengaran dan visual yang diperbarui terus menerus.

Para peneliti juga menemukan bahwa bermain video game dapat mengubah daerah otak Anda yang bertanggung jawab untuk ketrampilan dan perhatian visuospasial – kemampuan untuk menempatkan sebuah benda, obyek atau gambar dalam sebuah tempat atau ruangan dan membuatnya bekerja lebih efisien.

5. Gaya hidup

Aktivitas fisik, pola makan maupun berat badan adalah semua faktor yang berperan penting dalam kinerja konsentrasi Anda. Untuk makanan, Anda dapat menambahkan beberapa kacang kenari, alpukat maupun cokelat ke daftar makanan Anda.

Selain itu yoga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan energi dan fungsi otak Anda karena berlatih yoga hatha dan meditasi selama 25 menit per hari dapat mendorong daerah di otak untuk memungkinkan fokus Anda lebih mudah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *