Saran Chef Dunia Agar Kuliner Indonesia Terkenal Seperti di Thailand

Saran Chef Dunia Agar Kuliner Indonesia Terkenal Seperti di Thailand

Siapa yang tak kenal Tom Yum atau Pad Thai? Hampir semua orang kenal dan pernah merasakan kuliner asal Negeri Gajah Putih tersebut.

Bahkan dibandingkan dengan kuliner di Indonesia keduanya lebih mendunia, lalu apa rahasianya? Chef asal Thailand, Thitid Tassanakajohn memberikan saran dari sudut pandangnya.

“Thai cuisine beruntung karena sudah terkenal di dunia terima kasih kepada pad thai jadi dulu ada pemimpin Thailand yang ingin menciptakan satu kuliner nasional dan keluar lah pad thai yang sebenarnya lebih merupakan makanan China daripada makanan Thailand,” kata Chef yang dipanggil Chef Ton di Press Call, Hotel Amandari, Ubud, Kamis (25/4/2019).

Memang diakui Chef Ton, Indonesia mempunyai tantangan besar karena setiap pulau mempunyai kuliner andalannya sendiri.

“Seperti kami Thai cuisine caranya membuat orang suka sama makanan di negara itu. Setelah itu jika sudah suka yang pasti mereka mau tahu lebih banyak lagi. Ketika suka mereka akan tanya apa selanjutnya. Ini penting juga di Indonesia itu memperkenalkan semuanya dulu lalu orang mulai suka misalnya suka sambal ini dan apa sambal yang harus saya coba lagi dan itu akan membantu untuk mengidentifikasi labeling kuliner suatu negara,” tandas lulusan Culinary Institute of America itu.

Kuliner Indonesia Terkenal di Dunia

Lebih pentingnya lagi, chef pun bergerak memperkenalkan makanan khas Indonesia tersebut.

“Jika orang tahu itu harus mulai dari restoran dan chef karena mereka yang set dan tahu standar yang seharusnya orang makan dan orang itu tahu makanan dari apa yang kita tawarkan,” tutup pemilik restoran Le Du Bangkok ini.

Sebagai informasi, Chef Ton ikut dalam gelaran UFF ke-5 bersama 100 pembicara berbagai profesi seperti chef, penulis buku resep, pakar kuliner, pegiat gastronomi sampai pelaku kuliner. ABC kembali menjadi sponsor utama kedua kalinya pada UFF yang digelar pada 26-28 April 2019. Mengusung tema Spice Up the World, UFF ingin menjadikan makanan Indonesia mendunia.

“Pecinta makanan dapat mencicipi beberapa masakan Indonesia yang masih jarang ditemukan di restoran kebanyakan,” ujar Pendiri sekaligus Direktur UFF Janet DeNeefe.

UFF juga menghadirkan 36 demo masak dalam sesi Kitchen Stage dan Teater Kuliner, 23 Special Event, 15 Masterclass, dan 23 diskusi dengan beragam topik mulai dari pengurangan sampah, acara memasak, kedaulatan pangan, dan makanan alternatif di masa depan.

Tidak ketinggalan, Kids Event, pemutaran serta aneka kios kuliner, kerajinan dan sebagainya.(https://food.detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *