Mencegah Anemia hingga Disentri, Ini 7 Manfaat Bayam Merah

Mencegah Anemia hingga Disentri, Ini 7 Manfaat Bayam Merah

NgantukBanget-Berbicara soal bayam, pasti kita langsung teringat oleh karakter kartun Popeye. Ya, Popeye kuat karena sering makan bayam. Kebiasaan Popeye ini memang enggak salah, kok, karena bayam benar bisa membuat tubuh kamu jadi kuat dan sehat.

 

Nah, kalau Popeye makan bayam hijau, sebenarnya ada jenis lain; yakni bayam merah yang enggak kalah bermanfaat bagi tubuh, lho. Sayuran ini juga enggak sulit didapat, kamu bisa menemukannya mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar

Bayam merah juga bisa jadi pilihan lain jika kamu bosan dengan yang hijau. Maka dari itu, cobain yuk makan bayam merah, dan ketahui manfaat selengkapnya di bawah ini!

1. Mencegah anemia

 

 

Melansir dari New England Journal of Medicine, bayam merah kaya akan zat besi yang bermanfaat melancarkan darah. Mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan hemoglobin sehingga baik untuk penderita anemia.

2. Menjaga kesehatan ginjal

 

 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa , bisa menjaga kesehatan ginjal. Ini karena kandungan seratnya yang cukup tinggi

Selain itu, dalam penelitian berjudul “The Effect Mnure And Concentration Of Em-4 Dose On Plant Growth And Yield Of Red Spinach (Alternanthera Amoena Voss)” juga menemukan byam merah dapat membantu membuang racun yang terjebak dalam ginjal

3. Mengobati disentri

 

 

Mengutip dari Journal of Medicinal Plants and Studies,  merah mampu mengobati disentri. Radang usus yang disertai diare berdarah ini bisa diatasi oleh kayanya kandungan serat, dan antosianin ; yang membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri

4. Menguatkan tulang

 

 

Menurut penelitian berjudul “Vitamin K2 supplementation improves hip bone geometry and bone strength indices in postmenopausal women,” kandungan vitamin K dalam bisa membantu menguatkan tulangmu, lho.

Jadi, enggak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi bayam merah guna terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Mengobati diabetes

 

 

Selain vitamin K, terkandung juga vitamin B3 dalam bayam merah yang mampu mengendalikan kadar insulin dalam darah. Kandungan nutrisi ini yang nantinya juga akan membantu menormalkan gula darah.

6. Menambah energi

 

 

Sudah tidak asing lagi kalau makan bayam bisa menambah energi. Ini juga diungkapkan dalam jurnal Nutrients, yang menemukan bahwa kandungan karbohidrat  dapat membantu meningkatkan energi, sehingga kamu bisa menjalani aktivitas dengan penuh semangat.

7. Menguatkan akar rambut

 

 

Buat para perempuan yang suka mengeluh rambutnya rontok, enggak ada salahnya mulai menggunakan shampoo atau rutin mengonsumsi . Soalnya, dalam penelitian Nutritional Correction for Hair Loss, Thinning of Hair, and Achieving New Hair Regrowth, — terbukti mampu menguatkan akar rambut sehingga mencegah kerontokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *