Selain Kurang Tidur, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Penyebab Mata Panda Terbentuk

NgantukBanget-Pernahkah kamu alami sudah cukup tidur selama 8 hingga 9 jam, tapi mata masih saja nampak bengkak, lelah dan seperti mata panda di hari-hari berikutnya?

 

Lalu, yang paling menyebalkan saat orang lain mengatakannya secara terang-terangan, tentu hal ini bikin kita malu dan merasa tidak percaya diri.

Seperti diketahui lingkaran hitam dan kendurnya kelopak mata terjadi saat stres terjadi, atau mengalami gangguan tidur di malam hari. Tapi, masalahnya waktu tidurmu sudah cukup dan kondisi matamu masih begitu-begitu saja.

Mengapa itu terjadi? Ternyata ada alasan lainnya, seperti dikutip laman Times of India, Selasa (3/11/2019) untuk mencegah Mata Panda sebagai berikut.

1. Alergi

 

 

 

Alergi mata jadi sebab lain mengapa mata terlihat lelah dan bengkak. Saat partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu hewan bersentuhan dengan mata, tubuh kita menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin, yang melebarkan pembuluh darah di bawah mata, meningkatkan aliran darah dan menyebabkan peradangan.

2. Dehidrasi

 

Image result for Dehidrasi

 

Kekurangan air dalam tubuh bisa membuat kita terlihat lelah dan mengarah pada pembengkakan mata. Ini terjadi karena kulit di sekitar mata sangat sensitif dan saat dehidrasi terjadi bisa membuat mata nampak lelah. Gejala ini tetap akan terjadi meski sudah tidur 7 hingga 8 jam, jadi sering-seringlah mengonsumsi banyak cairan.

3. Terlalu banyak makanan asin

 

Image result for makanan asin

 

 

Asupan garam berlebih bisa membuat retensi air dalam tubuh, khususnya di sekitar mata. Retensi cairan bisa meregangkan kulit super tipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah. Jadi, kurangi asupan garam dan minum lebih banyak air untuk menghindari peradangan.

 

4. Mengonsumsi kafein berlebihan

 

Image result for Mengonsumsi kafein berlebihan

 

Secangkir kopi di pagi hari memang sangat baik, tetapi jika punya kebiasaan minum 4 sampai 5 cangkir kopi dalam sehari maka mata akan terlihat bengkak di pagi hari. Kelebihan asupan kafein membuat tubuh dehidrasi dan membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Kurangi asupan kopi dan cobalah minum teh hijau, yang dikemas dengan antioksidan dan membantu menjaga kulit tetap sehat.

 

5. Mata kelelahan

 

Image result for mata kelelahan

 

Mata menyipit, berusaha keras melihat benda yang cukup jauh, dan merasa sulit membaca bisa membuat mata mudah tegang. Ini karena pembulih darah melebar lebih lama dan menyebabkan lingkaran hitam serta nampak bengkak.

Solusinya beristirahatlah dari layar komputer setiap 20 menit sekali, jangan lupa temui dokter mata untuk tahu apa sudah saatnya menggunakan kacamata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *