8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik

Ngemil tak sepenuhnya perlu dihindari saat berdiet. Asal menerapkan trik yang tepat, ngemil nggak akan bikin gendut.

Mengonsumsi kudapan di sela jam makan sering kali dihindari karena dianggap dapat menaikkan berat badan. Kebanyakan orang lebih fokus mengatur asupan makanan sehat saat jam menyantap makanan namun tidak mengontrol camilan yang dikonsumsi.

Mengetahui makanan apa yang sehat untuk dijadikan kudapan tidaklah cukup. Ada trik untuk memastikan berat badan tak naik meski Anda memenuhi keinginan tubuh untuk ngemil. Dirangkum dari Care2 (12/4), inilah trik ngemil sehat yang bisa jadi panduan.

1. Hindari ngemil saat menonton TV

Mengonsumsi camilan saat melakukan aktifitas lain akan mengganggu konsenterasi tubuh kepada makanan. Akibatnya, tubuh tidak merasakan kenyang menskipun mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Penelitian menunjukkan bahwa menaruh perhatian penuh saat makan akan mencegah makan berlebihan dan membantu merasakan kenyang. Sehingga Anda harus menghindari kegiatan seperti menonton TV, berselancar di sosial media, atau chatting saat makan.

2. Makan camilan untuk melengkapi nutrisi

Sesuaikanlah jenis camilan dengan kebutuhan tubuh. Kenali makanan apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Jika merasakan tubuh kekurangan magnesium, makanlah kacang almond, kacang mete, atau alpukat untuk melengkapinya.

3. Konsumsi protein dan serat

Umumnya orang mengonsumsi camilan yang tinngi kalori dan kadar gula. Gantilah camilan tidak sehat ini dengan makanan mengandung serat dan protein. Dua kandungan ini terbukti mampu menekan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan. Sedialah camilan berupa kacang tanpa tambahan penyedap, apel, stroberi atau pisang untuk anda konsumsi.

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik

4. Hindari melewatkan waktu makan

Apakah Anda suka melewatkan sarrapan atau makan siang agar asupan kalori berkurang?. Jika iya, hal ini lah yang meningkatkan keinginan Anda untuk makan lebih banyak. Karnanya, makan lah sesuai waktunya agar tidak merasa membutuhkan camilan.

5. Jangan simpan camilan tidak sehat di dapur

Suatu penelitian mengemukakan bahwa akses yang mudah terhadap camilan tidak sehatlah yang mejadikan orang terus mengonsumsinya. Penelitian lain menemukan bahwa orang akan memakan apapun yang tersedia di dapurnya. Berdasarkan dua penelitian tersebut, singkirkanlah persediaan camilan tidak sehat di rumah Anda. Sebagai gantinya, sediakanlah buah dan sayuran sehat dan jadikan camilan yang lezat.

8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik

6. Rencanakan camilan

Kebanyakan orang mengonsuumsi camilan apa saja ketika rasa lapar datang. Hal ini memperbesar peluang konsumsi makanan tidak sehat. Untuk menghindarinya, buat lah rencana kapan Anda akan mengonsumsi camilan dan apa yang akan dimakan.

7. Minum air putih sebelum camilan

Air putih akan meningkatkan rasa kenyang, sehingga asupan camilan akan terbatas. Selain itu, air putih juga meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi berat badan. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi air putih sebelum hidangan utama akan membantu mengurangi berat badan lebih cepat.

8. Sugesti diri Anda

Manusia secara alami mampu menahan keinginan untuk melakukan sesuatu. Gunakanlah kemampuan ini untuk menghindari asupan camilan yang berlebih.(https://food.detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *